Jumat, 18 Juni 2010

Monyet berenang!

Ta Chia Siek Tao Hao,
Hallo semuanya, dibawah ini ada sebuah cerita lagi tentang Monyet yg berenang!

Suatu hari seekor monyet bermain2 ketepi sebuah sungai! Dilihatnya didalam sungai itu ada ikan yg berenang kesana-kemari dengan indah dan santai, begitu menyenangkan kelihatannya! Hati si Monyet jadi sangat iri dibuatnya, maka si Monyet berguman dalam hatinya: "Alangkah bahagianya ikan2 itu!"

Kebetulan, sejenak kemudian ada sekelompok bebek ramai2 melompat masuk kedalam sungai dan segera berenang dengan riangnya! mereka sebentar menyelam kedalam air, sebentar muncul kepermukaan air, sangat bebas dan lincah serta gembira sekali permainan bebek2 itu!

Si Monyet sampai melongo dibuat oleh adegan yg ada didepan matanya itu! Diam2 dia berpikir: " Kelihatannya berenang itu begitu ringan dan menyenangkan ya, aku akan coba berenang juga ah!"
Dengan PD nya, si Monyet berkata: " Dulu aku pikir berenang itu sulit sekali! Nggak tahunya gampang sekali seperti itu? Aku yakin, nggak usah belajar pun aku pasti bisa berenang!" Selesai berkata, langsung si Monyet itu melompat ketengah sungai!

Ketika sampai didalam air sungai, si Monyet baru sadar, ternyata berenang itu tidak semudah dengan apa yg dibayangkan tadi! Dia meronta2 didalam air berusaha menyelamatkan nyawanya! Tapi sudah terlambat, akhirnya si Monyet tenggelam kedasar sungai dan tamatlah riwayatnya! ........... Ah kasihan sekali! ..........

Pesan moral:
1.Dalam melakukan segala sesuatu, harus ada rencana yg matang dan sebaik-baiknya! Kalau cuma mengandalkan Keyakinan dan Percaya diri saja, itu belum cukup!
2.Jadi orang harus tahu diri; tahu kemampuan diri secara baik, supaya bisa merencanakan sesuatu berdasarkan modal yg kita miliki! Jangan sombong dan takabur, itu biasanya akan membuat orang menjadi terlalu PD dan kurang waspada! Akhirnya cuma menuai kegagalan saja!
3.Selalu menggunakan hati nurani dalam merencanakan sesuatu, ditambah berdoa dengan benar, maka hasilnya pasti mulia dan bermanfaat bagi orang yg ingin SIU TAO dengan benar.

Tidak ada komentar: