Senin, 03 Mei 2010

SOP IKAN

Air putih, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tomat, sereh, salam, jahe, daun jeruk, daun bawang, kemangi, garam, gula pasir, kemangi, penyedap.
tomat dan daun bawang paling akhir dimasukkan.
""""
Asem Pade
Resep yang biasa aku pakai:
Untuk 1 kg daging/ikan tongkol
Bumbu :
- 1/4 kg cabe giling
- 12 butir bawang putih (digiling halus)
- 18-20 bawang merah (digiling halus)
- Jahe, & lengkuas 1 ruas (sebesar ibu jari)
- Daun Jeruk 6 lbr
- Daun salam 5 lbr
- Sereh 1 batang (ditumbuk sedikit)
- Asam kandis 3 btr (belimbing wuluh 6 butir) dimasukan belakangan
- Garam & gula pasir secukupnya

Cara membuat :
ungkep daging dengan semua bumbu, sampai air daging mengering, tambahkan air secukupnya, masak hingga daging empuk, terakhir masukan asam kandis/belimbing. Masak kembali sampai kuah tinggal sedikit/mengental. (De)

Sepertinya bener ini makanan yang aku maksud. Beberapa bulan yang lalu aku dibawain masakan ini dari Padang rasanya agak asem-asem begitu dan kuahnya agak berminyak rasanya enak sekali dan jadi penasaran mau bikin. Aku kira bumbunya pakai tomat, daging diganti ikan tongkol enak juga ya? Terus dagingnya yang enak yang sandung lamur atau gandik?.(Ni)

Aku biasanya masak ini untuk ikan patin, jadi berminyak dan kuahnya gurih. Kalau daging malah belum pernah. Aku biasanya serehnya cari yang muda dan giling sekalian dengan bawang putih dan bawang merah. Jumlahnya kira-kira 3-5 buah. Ditambah kunyit sejari juga. Aku kasih daun bawang/kemangi juga biar lebih seger. (al)

Cabenya digilingnya tidak halus ya? dulu yang aku makan cabenya rada kasar deh, kalau ikan patin minyaknya dari mana ya? Bedanya sama bumbu batokok apa ya?. (Ni)

Cabenya aku biasanya gilingnya barengan dengan bawang-bawangan itu jadi ya tidak halus sekali. Aku kadang malah tidak pakai cabe soalnya anakku juga suka, jadi kadang kita nahanin tidak ditambah cabe biar anaknya ikutan makan juga. Paling tinggal nambah sambel sendiri.

Kalau ikan patin memang banyak lemaknya di perut (biasanya cari yang gemuk) jadi aku masaknya:
bumbu halus ditumis ditambah air terus ikan dimasukin. Api dikecilin biar bumbu meresap sekalian biar lemak yang ada di perut ikan jadi keluar semua, gurih. Nah kalau mulai kelihatan lemaknya sudah keluar baru rasanya diselesaikan gula, garam, blimbing wuluh/asam kandis (kalau terpaksa tidak ada pakai jeruk nipis), terakhir kemangi.

Kalau bumbu batokok aku malah tidak tahu. (Al)

Kalau asam padeh sama 'pangeh' itu sama tidak yah?
Kalau beda, mau juga donk resep 'pangeh'-nya, Soalnya cari di internet tidak ada. (Ay)

Boleh dong di bagi menu ikan patinnya?
Soalnya aku pernah masak kok bau/amisnya tidak mau hilang ya? Menu- menu ikan lain yang simple juga boleh. (Mam)

Menu ikan ada beberapa macem masak kuah yang biasa aku masak, tapi tidak pakai takaran ya, habis biasa cuma kira-kira :

- Sop Ikan, ikan tengiri/kakap/gurame
Bumbu : bawang bombay, bawang putih, merica halus, jahe (bisa potong korek api bisa digeprek), sere dan laos digeprek, gula, garam
Bahan : ikan, jamur, udang (bila suka), daun bawang.
Cara: Bawang bombay dan bawang putih dirajang terus ditumis, masukin sere, laos. Tambah air masukan ikan, api dikecilin sampai kuah ikan gurih masukan gula, garam, merica dan selesaikan rasanya. Terakhir masukan sayur-sayur (jamur/wortel) dan daun bawang. Ini rasanya mirip tom yang kung tapi tidak kecut, kecuali kita pengin bisa ditambah asam/blimbing wuluh kalau pengin kecut. Kuahnya bening

- Ikan bumbu bali.
Bahan : Gurame/kakap/patin, kemangi, kacang panjang (kalau suka), blimbing wuluh
Bumbu halus : cabe merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, jahe, kunyit, ketumbar
Bumbu geprek : sere, laos, daun salam.
Cara memasak :
Bumbu halus ditumis, habis itu masukan bumbu geprek dan ikan diberi air sedikit sampai meresap ke ikan, tambah sayur (kacang) dan air kemudian masak sampai keluar kaldu ikan. Masukkan blimbing wuluh, garam, gula dan kemangi. Selesaikan rasanya. Ini rasanya asem pedes dan berat (soalnya muatan bumbunya banyak). Kuahnya merah. Kadang kalau suka bisa digunakan santan sebagai pengganti air kalau ingin lebih mantab (berat) rasanya. Aku tidak begitu suka pakai santan soalnya jadi berat banget rasanya mirip gulai kepala ikan tapi merah warna kuahnya. Menurutku rasa ikannya jadi ketutup.

- Ikan Pindang Serani
Bahan : ikan patin/bandeng/gurame, cabe merah besar dibiarin utuh namun disisir/dibelah, blimbing wuluh (optional).
Bumbunya semua diiris : bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit. Laos & sere digeprek, salam + gula, garam, merica.
Cara memasak :
Bumbu ditumis, laos, salam, sere dan cabe.masukan ikan, tambah air, biarkan sampai mendidih dan kaldu ikan keluar, masukan garam, gula dan merica. Selesaikan rasanya, Terakhir masukkan blimbing wuluh (optional)kalau yang suka agak kecut seger. Rasanya ringan, sebab bumbu hanya diiris, segar. Anak-anak suka.

- Ikan kukus
Bahan : ikan kerapu (aku biasanya ini), pernah juga pakai gurame.
Bumbu iris : bawang merah, bawang putih, jahe potong korek api, sere yang muda potong korek api.
Bumbu siram : kecap manis, kecap asin, kecap Inggris, minyak wijen, garam, merica dicampur dan diaduk.
Cara memasak :
Ikan disayat-sayat saja badannya (tidak dipotong). Susun di pyrex, sebagian bawang putih & merah, jahe dan sere di dasar pyrex, susun ikan di atasnya siram dengan bumbu siram. Taburkan sisa jahe, sere, bawang putih dan bawang merah diatasnya. Biarkan selama +/- 1 jam biar bumbu meresap. Kukus selama +/- 30-45 menit. Nanti dari ikannya akan keluar kaldunya selama pengukusan, sedap, bisa disruput.

Ikannya supaya tidak amis, cucinya harus bersih, insang, perut dan sisik-sisiknya dibersihan sampai tidak ada yang terasa masih licin (klenyet-klenyet bahasa jawanya), jadi harus keset. Habis itu diberi air jeruk nipis/ lemon dan garam. Habis itu tinggal diolah. Jadi kasih garamnya tidak usah banyak-banyak waktu masak.(Al)

Aku dulu pernah diajarin sama mamaku, ada yang bumbu tumis ada yang langsung masuk. Kalau mau yang rada kontemporer dikit, tidak perlu ikan/daging saja. Masukan udang, sotong, kepiting juga enak lho. Kalau serehnya ditambahkan, kuah diencerkan, rasanya bakal mirip tom yam :-))

Supaya ikan tidak terlalu amis pas dimasak, setelah dicuci dikasih asam+garam. Asamnya bisa jeruk, asam jawa, atau cuka. Biasanya sih, aku untuk mengalahkan bau amis, suka tambah jahe/sereh lebih ke bumbunya. (DeA)

Tidak ada komentar: